Kamis, 26 Agustus 2010

Contributor Corner eMagazine SHIFTHINK!

Artikel berikut dimuat di eMagazine SHIFTHINK edisi Agustus 2010 yang dikelola oleh Josua Iwan Wahyudi (penulis buku-buku best seller : Life is like a Roller Coaster, Menikah adalah BUNUH DIRI; EMOTION for SUCCESS).

Agustus adalah bulan bersejarah di mana bangsa Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan. Tepatnya pada 17 Agustus 1945, bangsa kita bebas dari penjajahan dan memproklamasikan kemerdekaannya. Kemerdekaan atau freedom adalah hak asasi setiap manusia di dunia ini.Sebagai manusia yang merdeka, maka Anda memiliki kebebasan mencapai keinginan-keinginan Anda. Tentunya sangat bermanfaat apabila keinginan-keinginan tersebut menjadi tujuan terarah yang membawa Anda pada kesuksesan. Kemerdekaan secara fisik tidaklah cukup mendukung Anda untuk bertindak mencapai kesuksesan.

Seringkali seseorang tidak menyadari telah memenjarakan dirinya sendiri sehingga tidak mampu mencapai tujuan hidupnya dan membuat dirinya menjauh dari kesuksesan. Hidupnya menjadi biasa saja, tidak berkembang dan menjadi penyesalan di hari tua.

Ada 5 (lima) ‘penjara’ yang mungkin tanpa sengaja diciptakan, yaitu :

  • Penjara cara berpikir (mindset blocking) : yaitu cara berpikir dalam hidup Anda yang membatasi pikiran, tertutup, tidak mau belajar dan mengembangkan diri.
  • Penjara emosi (emotional blocking) : yaitu emosi negatif dari suatu kejadian yang memicu respon negatif dan tentunya merugikan : marah lepas control, benci, dendam dan sebagainya.
  • Penjara keyakinan (belief blocking) : yaitu keyakinan yang tidak memberdayakan dan menghambat tindakan seorang untuk sukses seperti sukses perlu pendidikan tinggi, bisnis itu butuh modal uang banyak, hidup penuh penderitaan, umur sudah terlalu tua dan sebagainya.
  • Penjara perilaku (behavior blocking) : yaitu perilaku yang tidak berkualitas untuk mendukung tindakan mencapai sukses seperti : malas, sombong, tidak disiplin, tidak jujur dan sebagainya.
  • Penjara komunikasi (communication blocking) : yaitu komunikasi yang tidak bermanfaat sehingga respon yang diinginkan tidak sesuai dan menimbulkan konflik baik di dalam diri sendiri maupun dengan orang lain.

Apakah Anda telah memenjarakan diri Anda ? Bila iya, segera bebaskan diri Anda karena Tuhan menganugerahkan sumberdaya-sumberdaya yang luar biasa dan lanjutkan dengan memberdayakan diri Anda sebagai pribadi yang sukses.

Cara yang mudah untuk membebaskan diri dari penjara yang Anda buat sendiri melalui “self talk” dan “six step reframing”. Anda dapat mempelajari dan mempraktekkan kedua cara tersebut dalam buku saya, You are the Real Personal Success. Bebaskan diri di bulan bersejarah ini, bulan kemerdekaan dengan memiliki mindset freedom, emotional freedom, belief freedom, behavior freedom dan communication freedom untuk hidup lebih sukses.  MERDEKA ! ! !
 























Tidak ada komentar:

Pembaca Nomor :

Twitter