Kamis, 15 Mei 2008

Teknik Pernapasan Untuk Mengoptimalkan Pemenuhan Oksigen Dalam Tubuh


Oksigen merupakan salah satu kebutuhan vital untuk kehidupan kita. Dengan mengkonsumsi oksigen yang cukup akan membuat organ tubuh berfungsi dengan optimal.

Bagian tubuh yang terbanyak membutuhkan oksigen adalah sel-sel tubuh dan otak. Kita memenuhi kebutuhan oksigen melalui pernapasan dan air minum. Saya akan membahas kebutuhan oksigen melalui sistem pernapasan.

Fungsi oksigen antara lain :



  • membantu regenerasi sel-sel tubuh dan otak

  • meningkatkan kinerja otak

  • membuat tubuh dan pikiran rileks

  • membebaskan otot dari ketegangan


Kita juga memerlukan oksigen dalam proses pembakaran energi yang berfungsi untuk membuang sampah dan racun dalam tubuh.

Apabila tubuh menyerap oksigen dengan kandungan yang rendah dapat menyebabkan kemungkinan tubuh mengidap penyakit kronis. Sel-sel tubuh yang kekurangan oksigen juga dapat menyebabkan perasaan kurang nyaman, takut atau sakit. Menguap adalah salah satu sinyal tubuh kekurangan oksigen selain karena mengantuk.

Darah mengangkut oksigen dari paru-paru untuk disuplai ke seluruh tubuh dan otak. Tubuh membutuhkan oksigen sekitar 375 liter per hari dengan kemampuan paru-paru menampung oksigen sebesar 500 ml.

Banyak cara untuk memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh secara cukup. Berolah raga teratur, minum yang cukup, senam atau melatih teknik pernapasan.

Saya akan men-sharing-kan teknik pernapasan yang efektif untuk mengoptimalkan pemenuhan oksigen. Untuk melatih teknik ini, saya menyarankan Anda untuk melatihnya secara rutin. Saya sendiri melatihnya sejak tahun 1993 sampai hari ini. Para praktisi tenaga dalam menamakan teknik ini, Teknik Penapasan Segi Tiga.

Keuntungan yang saya peroleh dari latihan pernapasan ini antara lain selain konsumsi oksigen tubuh saya terpenuhi dengan cukup, teknik tersebut juga membangkitkan energi “inner power” dan "mind power" yang kuat.

Mengenai tempat latihan, tidak membutuhkan tempat maupun posisi latihan yang khusus. Anda dapat memilih tempat yang nyaman untuk Anda. Boleh di dalam ruangan, boleh di luar ruangan.

Demikian juga posisi, Anda bebas melakukan latihan dengan posisi yang Anda inginkan. Anda tidak perlu mencontoh saya karena saya melakukannya sembari mengendarai kendaraan sewaktu berangkat dan pulang kerja. Di mulai saat masuk dalam mobil dan berhenti setelah sampai di tujuan.

Anda boleh duduk santai di kursi, di tempat tidur atau posisi duduk meditasi. Tekniknya adalah sebagai berikut :

( a ) Tarik napas melalui hidung sebanyak 10 hitungan
( b ) Hitungan tarik napas ke 10, tahan napas sebanyak 10 hitungan
( c ) Hitungan tahan napas ke 10, buang napas melalui hidung sebanyak 10 hitungan
( d ) Htungan buang napas ke 10, kembali ke ( a ) dst.

Berdasarkan pengalaman saya, 10 hitungan adalah hitungan minimal yang dapat dicapai bagi yang baru melatih teknik ini. Setelah Anda terbiasa dan kuat dengan hitungan tersebut Anda dapat menambah 5 hitungan setiap minggunya. Anda dapat mencoba setiap bulan menambah 5 hitungan, 1 bulan pertama 10 hitungan, 1 bulan kedua 15 hitungan dan seterusnya.

Untuk waktu latihan yang ideal adalah pagi hari dan malam hari. Saya menyarankan Anda berlatih antara ½ jam sampai 1 jam untuk 1 kali latihan.

Selamat berlatih.


Yosandy

4 komentar:

Marcus H mengatakan...

Pak giman dengan pernafasn Getah bening anthony robbins menurut anda apakah dapat bermanfaat atau buruk bagi kesehatan. pernafasanya adalah tarik 4 tahan 16 keluarkan 8. atau kelipatan dari 1x4x2.

Salam kenal Marcus H.
shopingstore.blogspot.com

Yosandy Lip San mengatakan...

Salam buat Pak Marcus....
Pernapasan 1 x 4 x 2 adalah variasi teknik pernasan
saya belum pernah menggunakan teknik ini namun saya yakin bermanfaat karena konsepnya adalah memberdayakan oksigen pada saat berada dalam paru-paru (saat ditahan)dan mengeluarkan C02-nya sebanyak mungkin....

nico mengatakan...

Baru kali ini saya tahu ada yang melatih pernapasan sambil mengemudi. Apa tidak mengganggu konsentrasi dalam mengemudi Pak ?

Yosandy Lip San mengatakan...

mungkin kalau baru melatih sebaiknya waktu khusus saja, saya sendiri sudah terbiasa dan dalam mengemudi bukan melatih lagi tetapi menggunakan teknik pernapasan karena biasa

Pembaca Nomor :

Twitter