Senin, 11 Agustus 2008

Bagaimana Memberdayakan Affirmasi Secara Optimal ?






Saya mendefinisikan affirmasi sebagai pernyataan positif yang diucapkan berulang-ulang agar menjadi bagian dalam diri seseorang sesuai keinginan. Affirmasi dapat meliputi pola pikir, perasaan maupun perilaku.

Anda dapat menggunakan affirmasi untuk meningkatkan rasa percaya diri, menyembuhkan luka batin, menambah keyakinan, atau pun sekedar melakukan rileksasi dengan affirmasi.

Contoh affirmasi :

Saya setiap hari bertambah percaya diri.
Setiap tarikan napas membuat saya relaks.

Anda pernah tidak berhasil menggunakan affirmasi ? Tip-tip berikut dapat membantu Anda memahami dan menggunakannya dengan sukses.


  • Affirmasi bukanlah sekedar kata-kata yang diulang-ulang tanpa jiwa di dalamnya. Saya ingin menganalogikan sebagai bicara basa-basi. Apakah Anda mau memenuhi permintaan seseorang yang berbicara sekedar basa-basi ? Tentu tidak dan balasan dari Anda pun hanya sekedar basa-basi.
    Demikian juga dengan affirmasi harus diucapkan dengan penuh perasaan. Rasakan apa yang Anda ucapkan.

  • Jangan membatalkan affirmasi Anda ! Seringkali affirmasi tidak bekerja karena Anda sendiri yang membatalkannya secara tidak sadar. Lho kok bisa ?
    Iya, kita setiap waktu melakukan self-talk yaitu komunikasi dengan / dalam diri sendiri. Menurut penelitian, secara umum orang melakukan self-talk 65.000 kata per hari. Dan kalau Anda mempercayai penelitian, 77 % dari self-talk tersebut adalah self talk negative.
    Bayangkan Anda melakukan affirmasi “ saya setiap hari bertambah percaya diri “ di satu sisi dan di sisi yang lain self-talk Anda berkata “ Ah mana mungkin ! “ – “ Saya gak bisa “ – “ Sulit deh “ dan lain-lain. Evaluasikan kembali self-talk Anda dan ganti dengan self-talk positif dan bermanfaat buat diri Anda.


  • Anda menyusun struktur affirmasi yang baik dengan bentuk kalimat posif dalam menyatakan keinginan dan waktu sekarang ( present ) bukan waktu mendatang ( future ) serta spesifik.

    Contoh kalimat positif dalam menyatakan keinginan :
    Saya sedang menciptakan ketenangan dalam diri saya.

    Contoh kalimat negative dalam menyatakan keinginan :
    Saya sedang menghilangkan rasa cemas.

    Contoh affirmasi waktu sekarang :
    Saya setiap hari bertambah percaya diri.

    Contoh affirmasi waktu mendatang :
    Saya akan bertambah percaya diri.

    Contoh affirmasi yang spesifik :
    Saya sedang menurunkan berat badan sebanyak 15 kg dalam waktu 3 bulan.

    Contoh affirmasi yang tidak spesifik :
    Saya sedang menurunkan berat badan.
  • Affirmasi juga harus memenuhi logika yang wajar dan tidak menimbulkan konflik. Pada contoh di atas menurunkan berat badan sebanyak 15 kg dalam waktu 3 bulan adalah hal yang dapat diterima daripada menurunkan berat badan sebanyak 15 kg dalam waktu 1 bulan. Anda bisa saja berdebat “ Bisa kok 15 kg dalam waktu 1 bulan dengan hanya makan 1 kali sehari “ namun hal tersebut menimbulkan konflik dan membuat affirmasi tidak bekerja.
  • Lakukan affirmasi sesering mungkin dan disiplin setiap hari. Anda tidak bisa berharap mendapatkan manfaat dari affirmasi dengan melakukannya sesekali waktu. Saya mengibaratkan affirmasi itu dengan mengganti isi gelas yang sebelumnya terisi kopi dengan susu tanpa membuang kopinya terlebih dahulu. Praktis Anda harus mengisi gelas berisi kopi tersebut dengan susu terus menerus sampai berubah menjadi susu sepenuhnya.

  • Kompilasikan dengan visualisasi ! Selain Anda mengisi jiwa affirmasi Anda dengan perasaaan, akan lebih optimal dan kuat apabila Anda mengisinya dengan visualisasi. Anda sambil mengatakan affirmasi percaya diri dengan merasakan bagaimana rasanya percaya diri dan membayangkan diri Anda SUDAH percaya diri.


Selamat mencoba dan keberhasilan di tangan Anda !

2 komentar:

Ika Nuri mengatakan...

Untuk yang satu ini, aku pernah mengalaminya, maksudnya melakukannya. Hasil yang aku dapat adalah berhasil.

Masalah dan keinginanku, terselesaikan dan berjalan dengan baik. Sempat ga percaya, sih. Tapi nyatanya memang berhasil.

Dengan kuyakini, kuucap, dan kujalani, hal tersebut mudah dan diberikan jalan.

Yosandy Lip San mengatakan...

Wah senang dong ! Selamat ya ! Tetap dimanfaatkan untuk melancarkan hidup !

Pembaca Nomor :

Twitter