Minggu, 22 Juni 2008

Karya Istimewa Donny Dhirgantoro : 5cm.


Entah bagaimana 5cm. bisa lolos dari pengamatanku. GILA ! Cetakan kesebelas, Maret 2008 dari cetakan pertamanya Mei 2005. Tulisan best seller-nya pun kecil di pojok kanan, tidak sebiasa buku lain yang belum best seller pun sudah terpampang besar-besar di covernya.

Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata saja sudah saya lalap jauh sebelum hiruk pikuk orang membicarakannya. Itu pun pakai acara meminjam di perpustakaan kantor. Pun Kambing Jantan-nya Raditya Dika yang emang gokil, saya beli atas rekomendasi seorang sahabat. Malahan Ayat-Ayat Cinta yang menghebohkan tidak membuat saya menonton atau membaca bukunya.

Saya belakangan memang jarang membeli dan membaca karya fiksi terutama bila tidak di atas kategori bagus. Tapi yang ini bagaimana bisa tanpa keributan sama sekali naik cetak sampai sebelas.

Berawal pas lagi duduk di meja Ika, resepsionis di kantor saya. Buku 5cm. terpampang begitu saja di atas mejanya. “Tentang persahabatan 5 orang” cerita Ika singkat dan tidak menggugah untuk melihatnya.

Baru 2 minggu yang lalu seorang sahabat berulang tahun. ‘Kadonya 5cm. ya “ pintanya. Nah, ini baru mulai membuat penasaran. Pasti ada yang menarik neh! Tapi pas membelikan buku itu dan 1 buku lainnya sebagai kado ultah juga belum membangkitkan nafsu untuk membelinya untuk sendiri hehehehehe.

Pas Sabtu barusan ke Gramedia menukarkan buku yang cacat, tiba-tiba aja ‘cling’ keinginan dan penasaran atas 5cm. membuat buku itu akhirnya ikut pulang. Rasa penasaran menggeser prioritas membaca buku lain.

Saat menulis artikel ini pun sebenarnya saya belum selesai membaca 5cm. ini. Sampai halaman 199 saya menandainya dengan pembatas buku yang juga cool ( hadiah dari bukunya ).

Oh ya, buku ini karya Donny Dhirgantoro. Saat goggling dengan kata ‘donny dhirgantoro’ menghasilkan 5.350 penelusuran. Saya sampai kesulitan menemukan kata yang tepat untuk mengkomentari karya ini.

Saya ingin menghadiahkan komentar yang LUAR BIASA buat 5cm.

MEMBAKAR SEMANGAT DAN PERJUANGAN !
DREAM IS COME TRUE !
CINTA YANG TULUS !
KARAKTER TOKOH YANG KUAT DAN POSITIF !
SUDUT KEHIDUPAN YANG MENGHARU BIRU !
PERSAHABATAN IS THE BEST !

Karya ini benar-benar istimewa bercerita tentang persahabatan 5 orang : Arial, Riani, Zafran, Ian dan Genta yang telah berjalan 7 tahun. Begitu membaca sulit untuk melepasnya. Alur cerita yang enak diikuti dengan gaya humor yang membuat hahahihi sendirian.

Saya menyukai penceritaan di halaman 173 sampai 176 tentang si Mbok penjual nasi pecel. Si Mbok berjualan di Stasiun Lempuyangan, stasiun kecilnya Jogya. Kalo di Jakarta kayak Stasiun Senen atau Jatinegara. Genta menjelaskan.

Kelima sahabat ini bertemu dengan si Mbok dalam perjalanan mereka menuju Malang. Perjalanan ini untuk merayakan pertemuan kembali kelima sahabat yang sepakat untuk berpisah selama 3 bulan. Perayaan di Puncak Mahameru !

Malahan saya sempat membacakan halaman itu pada 2 sahabat dengan penuh penghayatan. Bacaan itu sempat membuat mereka tercekat dan kesulitan menelan makanan mereka.

Saya sendiri terharu dan terngiang-ngiang dengan kata-kata si Mbok, “Alhamdullilah Gusti Pangeran…Alhamdullilah.”

Buat yang penasaran silahkan membaca sendiri dan saya mengutip sedikit dari halaman 362 untuk menggambarkan arti 5cm.

”…Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kamu. Dan…sehabis itu yang kamu perlu… Cuma….”

“Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas.”

“Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja….”

“Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya….”

“Serta mulut yang akan selalu berdoa….”

“Dan kamu akan selalu dikenang sebagai seseorang yang masih punya mimpi dan keyakinan, bukan cuma seonggok daging yang punya nama. Kamu akan dikenang sebagai seorang yang percaya pada kekuatan mimpi dan mengejarnya, bukan seorang pemimpi saja, bukan orang biasa-biasa saja tanpa tujuan, mengikuti arus dan kalah oleh keadaan. Tapi seorang yang selalu percaya akan keajaiban mimpi keajaiban cita-cita, dan keajaiban keyakinan manusia yang tak terkalkulasikan dengan angka berapapun…. Dan kamu nggak perlu bukti apakah mimpi-mimpi itu akan terwujud nantinya karena kamu hanya harus mempercayainya.”

“Percaya pada 5 centimeter di depan kening kamu.”

7 komentar:

Ika Nuri mengatakan...

Sip sip... :)

Yosandy Lip San mengatakan...

Buat yang butuh semangat yang berapi-api dalam menjalani persahabatan, cinta dan cita-cita, 5cm. WAJIB dibaca !

Anonim mengatakan...

terimakasih, artikel anda bagus dan menarik, artikel
anda:
http://buku.infogue.com/karya_istimewa_donny_dhirgantoro_5cm_

anda bisa terus promosikan
artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah
tersedia plugin/ widget vote & kirim berita dan beberapa pilihan widget lainnya yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

penulis mengatakan...

terima kasih telah link blog saya, mungkin biar adil saya juga balik link blog bapak. thanks!!!!

Yosandy Lip San mengatakan...

Mas Nur makasih banyak atas perhatiannya, lewat blog dan tulisan Mas Nur saya jadi tambah semangat belajar menulisnya ! Tapi saya bukan Bapak-Bapak dan belum Bapak-Bapak neh :) hehehehe

penulis mengatakan...

sama2 mas, selamat menulis. minta komentar untuk tulisan di blog saya TIDUR BERBANTAL BUKU

Ana mengatakan...

kemaren ada bedah buku nya si donny di kampusku,,
terang aja aku ikutan..

di sana dia ngejelasin tentang ending bukunya yang katanya profit kontroversi,,
soalnya ending itu yang banyak diperdebatkan orang,,
then nambah laris bukunya...

Pembaca Nomor :

Twitter